Rabu, 17 Agustus 2011

Dirgahayu Negeriku!

Hari ini, 17 Agustus 2011, kita, seluruh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke, serta yang sedang berada di negeri orang, seluruhnya memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-66.

Yang unik di HUT RI tahun ini

Perayaan kemerdekaan di dunia nyata dan dunia maya.

Di dunia nyata dengan upacara bendera di istana negara, sekolah-sekolah, dan instansi pemerintah. Yang ikut upacara tidak hanya WNI, tapi juga WNA (seperti para dubes yang ikut upacara di istana negara), dan juga robot!


Untuk pertama kalinya di dunia, robot-robot melakukan upacara bendera untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-66 Republik Indonesia di Thamrin City, Jakarta Pusat (mungkin terinspirasi Transformer).


sumber: mediaindonesia.com

Selain upacara bendera, seperti biasa juga ada lomba-lomba 17an dan karnaval. Bule-bule juga ikutan loh lomba 17an di Pantai Sanur..

*Tadinya sempet mikir jangan-jangan lomba makan kerupuk tahun ini ditiadakan untuk menghormati yang puasa*

*kalau lihat gambar di atas, bangga gak sih jadi orang Indonesia? Bahkan bule ikut lomba makan kerupuk, lomba khas orang Indonesia :D *

Perayaan di dunia maya juga tidak kalah seru. HUT RI dirayakan dengan upacara digital, kerek bendera nasional (http://www.17an.org./), dan kicauan-kicauan yang membuat HAPPY BDAY INDONESIA menjadi trending topic world wide (orang Indonesia memang jago dalam hal ini).


Karena bukan anak sekolahan lagi, bukan pegawai negeri juga, dan tidak diundang untuk ikut upacara bendera di istana negara, maka saya ikut upacara digital dan (nonton) upacara di TV saja.

Dan menurut saya, amanat pembina-pembina upacara di upacara digital ini lebih inspiratif daripada pidato kenegaraan seseorang (you-know-who) :D

Silakan buktikan sendiri di http://www.id-optimis.org/upacara/

Pembina upacara nya banyak dan bisa dipilih, ada Pak Anies Baswedan, Andrew Darwis, Bepe20, dan lainnya.

#Penting : Amanat upacara dari pembina upacaranya dihayati dan (coba) dilaksanakan, karena tugas kita lah melunasi janji-janji kemerdekaan NKRI: memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Sudah 66 tahun merdeka dari penjajahan (baca: penjajahan secara langsung dari bangsa asing); masih dijajah secara tidak langsung lewat impor barang, jasa dan hutang dari luar negeri dan pengerukan SDA (Freeport, Newmont); masih dijajah bangsa sendiri lewat korupsi tak berujung, pembohongan publik, dan dagelan politik absurd (yang kalau dibuat sinetron sudah melewati season 7, mengalahkan cinta fitri dan tersanjung) .

Maka kalau dilihat dari perspektif Mario Teguh alias orang yang berpikir positif, banyaknya masalah bangsa ini menjadi kesempatan untuk kita menjadikan diri berarti untuk negeri ini karena dapat mengabdi untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia sesuai dengan keahlian kita masing-masing.

Selamat berjuang, Pejuang-Pejuang Pengisi Kemerdekaan!



Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar